Sun, 26 May 2024

Terapkan 10 Kebiasaan Kerja Ini Agar Kamu Selalu Produktif di Kantor

Share

Menjadi karyawan yang produktif di kantor adalah dambaan banyak orang. Dengan bekerja secara produktif, kamu dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efisien, sehingga kamu memiliki lebih banyak waktu untuk hal lainnya.

Berikut adalah 10 kebiasaan kerja yang dapat membantu kamu untuk selalu produktif di kantor:

1. Menentukan skala prioritas

Memulai hari dengan membuat daftar tugas harian adalah hal yang penting. Urutkan tugas berdasarkan tingkat kepentingannya dan fokuslah untuk menyelesaikan tugas yang paling penting terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu untuk menghindari rasa kewalahan dan memastikan bahwa kamu menyelesaikan tugas yang paling penting sesuai tenggat waktu.

2. Hindari multitasking

Meskipun multitasking mungkin tampak seperti cara yang efisien untuk menyelesaikan banyak hal, namun pada kenyataannya hal ini dapat membuat kamu kurang fokus dan lebih mudah membuat kesalahan. Sebaiknya fokuslah pada satu tugas pada satu waktu dan selesaikan tugas tersebut sebelum beralih ke tugas lainnya.

3. Mengatur jadwal untuk cek email

Memeriksa email secara terus-menerus dapat mengganggu fokus dan menghambat produktivitas. Sebaiknya atur waktu khusus untuk memeriksa email, misalnya dua atau tiga kali sehari. Di luar waktu tersebut, matikan notifikasi email agar kamu tidak tergoda untuk terus memeriksanya.

4. Menjauhi distraksi

Ada banyak hal di kantor yang dapat mengganggu fokus kamu, seperti media sosial, chatting online, dan rekan kerja yang mengajak mengobrol. Sebaiknya matikan notifikasi media sosial dan chatting online saat kamu sedang bekerja, dan mintalah rekan kerja kamu untuk tidak mengganggu kamu saat kamu sedang fokus bekerja.

5. Menyempatkan istirahat

Bekerja tanpa henti selama berjam-jam dapat membuat kamu lelah dan tidak fokus. Sebaiknya sempatkan untuk istirahat sejenak setiap 30-60 menit untuk meregangkan tubuh, berjalan-jalan, atau melakukan aktivitas lain yang dapat membantu kamu untuk rileks.

man lying on cushion beside glass window

6. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan fisik dan mental sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas. Pastikan kamu mendapatkan cukup tidur, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap fokus dan berenergi sepanjang hari.

7. Mengatur waktu dengan baik

Gunakan alat bantu seperti kalender dan to-do list untuk mengatur waktu kamu dengan baik. Pastikan kamu menjadwalkan waktu untuk semua tugas yang ingin kamu selesaikan, termasuk waktu untuk istirahat dan makan siang.

8. Mendelegasikan tugas

Jika memungkinkan, delegasikan tugas-tugas yang tidak harus kamu selesaikan sendiri kepada orang lain. Hal ini akan membebaskan waktu kamu untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.

9. Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja sangatlah penting untuk menghindari kesalahpahaman dan memastikan bahwa semua orang berada di satu halaman yang sama. Pastikan kamu selalu memberikan informasi yang akurat dan up-to-date kepada atasan dan rekan kerja kamu.

10. Menghargai diri sendiri

Berikan penghargaan kepada diri sendiri atas pencapaian kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap termotivasi dan produktif.

Menjadi karyawan yang produktif membutuhkan usaha dan dedikasi. Namun, dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas, kamu dapat meningkatkan produktivitas kamu di kantor dan mencapai tujuan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya