Mon, 27 May 2024

Dompet Tipis Saat Tanggal Tua? Simak 5 Tips Berikut!

Share

Pernahkah kamu merasa pusing menjelang akhir bulan? Dompet menipis, gaji belum cair, tapi masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi? Tenang, kamu tidak sendirian! Rasanya semua orang pernah mengalami momen ‘tanggal tua’ yang bikin dompet menjerit. Tapi, jangan khawatir! Berikut 5 life hack jitu untuk membantumu tetap hemat dan nyaman di akhir bulan:

1. Manfaatkan Hiburan Gratis

woman in white long sleeve shirt holding black smartphone

Siapa bilang hiburan harus mahal? Di era digital ini, banyak sekali pilihan hiburan gratis yang bisa kamu nikmati. Coba tonton video-video menarik di YouTube, dengarkan podcast favoritmu, atau baca buku elektronik di aplikasi-aplikasi gratis. Kamu juga bisa mengunjungi taman kota, museum yang mengadakan program gratis, atau mengikuti kelas online gratis untuk menambah pengetahuan dan skill baru.

2. Membawa Bekal dari Rumah

person eating food

Membeli makanan di luar memang praktis, tapi bisa menguras dompetmu dengan cepat. Alih-alih jajan, biasakan membawa bekal makan siang dan camilan dari rumah. Siapkan makanan favoritmu di akhir pekan, porsinya bisa lebih banyak dan dibagi untuk beberapa hari. Selain hemat, membawa bekal juga lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

3. Jangan Install atau Buka E-commerce

person holding smartphone beside tablet computer

Di era digital ini, godaan untuk berbelanja online sangatlah besar. Promosi dan diskon yang ditawarkan e-commerce bisa membuatmu kalap dan lupa diri. Nah, agar terhindar dari godaan ini, sebaiknya hindari membuka aplikasi e-commerce atau bahkan uninstall aplikasinya dari smartphone-mu saat tanggal tua.

4. Sulap Sisa Makanan Menjadi Hidangan Baru

a plate of rice with shrimp and vegetables

Jangan buang sisa makanan! Kreativitasku dibutuhkan di sini. Sulap sisa makanan menjadi hidangan baru yang tak kalah lezat. Coba cari ide-ide kreatif di internet, seperti membuat nasi goreng, sup, atau casserole dari sisa ayam atau daging. Selain hemat, kamu juga bisa mengurangi sampah makanan.

5. Berburu Promo dan Diskon

50% discount sign

Banyak supermarket dan toko yang menawarkan promo dan diskon menarik di akhir bulan. Manfaatkan momen ini untuk membeli kebutuhan pokok dan barang-barang yang kamu butuhkan. Jangan lupa bandingkan harga di beberapa toko agar mendapatkan penawaran terbaik.

Bonus: Atur Anggaran dan Catat Pengeluaran

Memiliki anggaran dan mencatat pengeluaran adalah kunci utama untuk mengelola keuangan dengan baik. Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu, sesederhana apapun itu. Hal ini akan membantumu mengetahui ke mana perginya uangmu dan di mana kamu bisa menghemat.

Dengan menerapkan life hack-life hack di atas, kamu bisa tetap hemat dan nyaman meskipun di tanggal tua. Ingatlah, hidup hemat bukan berarti hidup pelit. Lakukan dengan cerdas dan nikmati hidupmu dengan penuh kreativitas!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya