Mon, 27 May 2024

Wajib di Coba, Trik Belanja Bulanan Super Hemat

Share

man standing on the market

Memasuki akhir bulan, dompet seringkali terasa tipis. Tapi, jangan khawatir! Ada banyak cara untuk berhemat dalam berbelanja bulanan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Cek Bahan Makanan Tersisa

Sebelum pergi berbelanja, luangkan waktu untuk memeriksa persediaan bahan makanan di rumah. Catat apa saja yang masih ada dan apa yang sudah habis. Hal ini akan membantu kamu untuk menghindari membeli barang yang sudah kamu miliki, sehingga menghemat pengeluaran.

2. Buat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja adalah langkah penting untuk berhemat. Tuliskan semua kebutuhan pokok yang kamu perlukan, seperti beras, minyak goreng, telur, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin, hindari membeli barang yang tidak ada di daftar.

3. Manfaatkan Promo dan Diskon

Banyak supermarket dan toko yang menawarkan promo dan diskon menarik. Rajin-rajinlah mencari informasi tentang promo ini, baik melalui brosur, website, atau aplikasi supermarket. Kamu juga bisa memanfaatkan program loyalitas pelanggan untuk mendapatkan poin atau cashback.

4. Pilih Merek Generik

Produk dengan merek generik umumnya memiliki harga yang lebih murah daripada produk bermerek terkenal. Meskipun begitu, kualitasnya tidak selalu berbeda. Cobalah untuk mencari produk generik untuk beberapa jenis barang, seperti beras, minyak goreng, atau sabun cuci.

5. Beli Grosir

Jika memungkinkan, membeli bahan makanan dalam jumlah besar (grosir) bisa lebih hemat. Hal ini terutama berlaku untuk produk yang tahan lama, seperti beras, tepung, atau mie instan. Namun, pastikan kamu memiliki tempat penyimpanan yang cukup untuk menampung barang-barang tersebut.

6. Gunakan Uang Tunai

Membawa uang tunai saat berbelanja dapat membantu kamu untuk lebih disiplin dalam berbelanja. Hal ini karena kamu akan melihat secara langsung jumlah uang yang kamu keluarkan. Hindari membawa kartu kredit atau debit, karena hal ini bisa membuat kamu tergoda untuk membeli barang yang tidak kamu perlukan.

7. Belanja di Pasar Tradisional

Harga bahan makanan di pasar tradisional umumnya lebih murah daripada di supermarket. Selain itu, kamu juga bisa menawar harga di pasar tradisional.

Tips Tambahan:

  • Masak di rumah daripada makan di luar.
  • Manfaatkan sisa makanan untuk membuat hidangan baru.
  • Buatlah kompos dari sisa makanan organik.
  • Gunakan tote bag saat berbelanja untuk mengurangi penggunaan plastik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa berbelanja bulanan dengan lebih hemat dan bijak.

Ingatlah, berhemat bukan berarti pelit, tetapi tentang menggunakan uang dengan lebih cerdas. Selamat berbelanja!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya