Mon, 27 May 2024

10 Ice Breaking Sebelum Memulai Kelas, Aktivitas Seru untuk Meningkatkan Suasana Belajar

Share

Pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada materi yang disampaikan oleh guru, tetapi juga pada suasana belajar yang kondusif. Suasana belajar yang kondusif dapat diciptakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan ice breaking sebelum memulai kelas.

Ice breaking adalah kegiatan yang dilakukan untuk memecah kebekuan suasana, sehingga peserta didik dapat lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Kegiatan ini dapat berupa permainan, kuis, atau aktivitas lainnya yang bersifat ringan dan menyenangkan.

person standing in front of brown lectern

Berikut ini adalah 10 ice breaking yang dapat dilakukan sebelum memulai kelas:

1. Tepuk Tangan

Tepuk tangan adalah kegiatan ice breaking yang paling sederhana, tetapi tetap efektif. Guru dapat memulai dengan tepuk tangan sederhana, kemudian mengajak peserta didik untuk melakukan tepuk tangan dengan pola yang lebih kompleks, seperti tepuk tangan ritmis atau tepuk tangan dengan gerakan tubuh.

2. Tebak Gambar

Tebak gambar adalah kegiatan yang dapat menguji kreativitas dan imajinasi peserta didik. Guru dapat menyiapkan gambar-gambar yang menarik, kemudian membagikannya kepada peserta didik secara acak. Peserta didik kemudian harus menebak gambar yang ada di tangannya.

3. Quiz

Quiz adalah kegiatan yang dapat menguji pengetahuan peserta didik. Guru dapat menyiapkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan dibahas. Peserta didik kemudian harus menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat dan tepat.

4. Permainan Simon Says

Permainan Simon Says adalah permainan yang dapat melatih kekompakan dan konsentrasi peserta didik. Guru dapat memberikan instruksi kepada peserta didik, seperti “Simon Says, angkat tangan kananmu.” Jika instruksi tersebut diikuti oleh Simon Says, maka peserta didik tersebut harus mengikutinya. Namun, jika instruksi tersebut tidak diikuti oleh Simon Says, maka peserta didik tersebut harus diam.

5. Permainan Sambung Kata

Permainan Sambung Kata adalah permainan yang dapat melatih kreativitas dan kemampuan berbahasa peserta didik. Guru dapat menyiapkan beberapa kata, kemudian membagikannya kepada peserta didik secara acak. Peserta didik kemudian harus menyambung kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang bermakna.

6. Permainan Siapa Aku?

Permainan Siapa Aku? adalah permainan yang dapat melatih kepekaan peserta didik. Guru dapat memberikan deskripsi singkat tentang seseorang, kemudian peserta didik harus menebak siapa orang tersebut.

7. Permainan Passing Bola

Permainan Passing Bola adalah permainan yang dapat melatih kerja sama dan kekompakan peserta didik. Guru dapat membagikan bola kepada peserta didik, kemudian mengajak mereka untuk memainkan bola secara bergantian.

8. Permainan Warna-Warni

Permainan Warna-Warni adalah permainan yang dapat melatih kreativitas dan imajinasi peserta didik. Guru dapat memainkan musik, kemudian peserta didik harus bergerak sesuai dengan warna yang disebutkan oleh guru.

9. Permainan Binatang

Permainan Binatang adalah permainan yang dapat melatih kreativitas dan kemampuan berbahasa peserta didik. Guru dapat menyebutkan nama binatang, kemudian peserta didik harus memperagakan suara atau gerakan binatang tersebut.

10. Permainan Lagu

Permainan Lagu adalah permainan yang dapat melatih kreativitas dan kemampuan bernyanyi peserta didik. Guru dapat mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu bersama-sama.

Dalam memilih ice breaking yang akan dilakukan, guru perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Tujuan pembelajaran : Ice breaking yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  • Tingkat usia peserta didik : Ice breaking yang dipilih harus disesuaikan dengan tingkat usia peserta didik.
  • Karakteristik peserta didik : Ice breaking yang dipilih harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, seperti minat dan bakat mereka.

Ice breaking yang dilakukan secara rutin dapat membantu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Dengan suasana belajar yang kondusif, peserta didik akan lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Ingin lebih banyak Ice Breaking
Saya juga merekomendasikan Bapak dan Ibu Guru untuk
Membaca Buku tentang Ice breaking ini, agar lebih mantap dalam mengajar

Bisa di beli pada link berikut ya Beli di Shopee
Semoga bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya