Sun, 26 May 2024

Bangun Pagi Tanpa Drama, 6 Tips Mengatasi Rasa Malas dan Kantuk di Pagi Hari

Share

Pernahkah kamu merasa seperti zombie saat bangun tidur? Pengen narik selimut lagi dan lanjut mimpi indah? Tenang, kamu tidak sendirian! Banyak orang yang mengalami hal yang sama. Tapi, jangan sampai rasa kantuk dan malas ini mengganggu aktivitasmu ya!

Memulai hari dengan segar dan berenergi bagaikan mimpi bagi banyak orang. Rasanya ingin kembali ke kasur dan melanjutkan tidur. Tapi, tanggung jawab dan aktivitas menanti. Tenang, ga perlu khawatir! Ada beberapa jurus ampuh yang bisa kamu coba untuk membasmi musuh bebuyutan pagimu ini, yaitu rasa kantuk dan malas.

person holding clear drinking glass

1. Seruput Air Putih

Bangun tidur langsung seruput air putih. Tubuhmu yang dehidrasi selama berjam-jam pasti akan langsung segar. Air putih membantu melancarkan pencernaan dan membuang racun, lho! Ga cuma itu, air putih juga membantu meningkatkan fungsi otak dan konsentrasimu. Jadi, siap deh buat hadapi aktivitas pagi.

Contoh: Siapkan botol berisi air putih di samping tempat tidurmu. Begitu bangun tidur, langsung ambil dan minumlah air putih tersebut. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon atau mentimun untuk menambah rasa dan manfaatnya. Pastikan air putih yang kamu minum bersuhu ruangan atau sedikit dingin. Hindari air putih yang terlalu dingin karena dapat mengejutkan tubuh dan mengganggu pencernaan.

man in blue tank top and black shorts lying on black mat on green grass field

2. Gerak Badan Ringan

Luangkan 10-15 menit untuk peregangan, jogging di tempat, atau yoga. Olahraga ringan ini melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak, membuatmu lebih segar dan berenergi. Otak yang segar membuatmu lebih fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan tugas.

Contoh: Lakukan peregangan sederhana seperti memutar kepala, meregangkan lengan dan kaki, atau melompat kecil di tempat. Kamu juga bisa mengikuti video senam pagi singkat di YouTube. Lakukan gerakan yang sesuai dengan kemampuan dan kondisimu. Jika kamu baru memulai, jangan memaksakan diri. Lakukan gerakan dengan perlahan dan nikmati prosesnya.

topless woman with black and white plaid scarf

3. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin mengaktifkan sistem sarafmu dan membuatmu lebih waspada. Aliran darah dan metabolisme tubuhmu juga akan semakin lancar. Mandi air dingin juga membantu meningkatkan mood dan menghilangkan rasa kantuk. Siap deh buat memulai aktivitas dengan penuh semangat!

Contoh: Siapkan air dingin di bak mandi atau shower. Atur suhu air agar cukup dingin tapi tidak sampai membuatmu kedinginan. Mandi air dingin selama 2-3 menit sudah cukup untuk merasakan manfaatnya. Jika kamu tidak terbiasa dengan air dingin, kamu bisa memulainya dengan air hangat yang secara bertahap diturunkan suhunya.

burger with fries

4. Hindari Makan Malam Berat

Makan malam berat sebelum tidur membuatmu tidak nyaman dan susah tidur. Akibatnya, bangun tidur jadi lelah dan malas. Hindari makan malam berat minimal 2-3 jam sebelum tidur ya! Makan malam berat membuat pencernaanmu bekerja keras saat kamu tidur, sehingga kamu tidak bisa istirahat dengan nyenyak.

Contoh: Pilihlah makan malam yang ringan dan mudah dicerna, seperti sup, salad, atau buah-buahan. Hindari makanan yang berlemak, pedas, atau mengandung kafein tinggi. Jika kamu merasa lapar sebelum tidur, kamu bisa ngemil buah-buahan atau yogurt. Hindari minum kopi, teh, atau minuman bersoda minimal 4 jam sebelum tidur karena kafein dapat mengganggu tidurmu.

person standing on hill

5. Sambut Hangatnya Matahari Pagi

Sinar matahari pagi membantu tubuhmu memproduksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Sinar matahari pagi juga membantu mengatur jam internal tubuhmu, membuatmu lebih mudah bangun pagi. Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan mood dan energi lho!

Contoh: Luangkan waktu 10-15 menit di pagi hari untuk berjalan-jalan atau berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kamu bisa melakukannya di taman, balkon, atau teras rumahmu. Hindari paparan sinar matahari pagi yang berlebihan karena dapat membahayakan kulitmu. Gunakan tabir surya jika kamu ingin berjemur lebih lama.

man sitting in front of silver MacBook

6. Dengarkan Musik Favoritmu

Nada-nada ceria dari musik favoritmu bisa membantu meningkatkan mood dan membuatmu lebih semangat. Sambil mendengarkan musik, kamu bisa bersiap-siap atau sarapan. Pilihlah musik dengan tempo yang upbeat dan ceria untuk membangkitkan semangatmu.

Contoh: Buatlah playlist musik favoritmu untuk didengarkan di pagi hari. Kamu bisa menggunakan platform streaming musik seperti Spotify, Apple Music, atau YouTube Music. Gunakan headphone atau earphone agar tidak mengganggu orang lain. Kamu juga bisa menyanyi atau menari mengikuti musik untuk menambah keseruan.

Memulai hari dengan semangat dan energi memang tidak selalu mudah. Tapi, dengan sedikit usaha dan strategi, kamu bisa membasmi musuh bebuyutan pagimu, yaitu rasa kantuk dan malas. Terapkan tips-tips di atas dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya