Mon, 27 May 2024

Malam Hari Lebih Produktif? Ini 5 Alasan dan Tipsnya!

Share

Bagi sebagian orang, malam hari identik dengan waktu untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa orang justru merasa lebih produktif saat bekerja di malam hari?

Fenomena ini dikenal sebagai “night owl” atau “burung hantu”, di mana seseorang memiliki jam internal tubuh yang membuatnya lebih terjaga dan fokus di malam hari.

woman in green long sleeve shirt sitting on white sofa chair

Jika kamu termasuk salah satu night owl, berikut 5 alasan mengapa kamu bisa lebih produktif bekerja di malam hari:

1. Suasana yang Tenang dan Damai

Di malam hari, suasana umumnya lebih tenang dan sunyi dibandingkan dengan siang hari. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan terhindar dari gangguan, sehingga kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

2. Memiliki Lebih Banyak Waktu Luang

Pada siang hari, kamu mungkin disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti sekolah, bekerja, atau mengurus keluarga. Hal ini membuat kamu memiliki lebih sedikit waktu untuk diri sendiri dan menyelesaikan pekerjaan pribadi.

Bekerja di malam hari dapat memberikan kamu lebih banyak waktu luang untuk fokus pada pekerjaan tanpa terburu-buru.

3. Penurunan Hormon Kortisol

Hormon kortisol adalah hormon stres yang biasanya meningkat di pagi hari untuk membantu tubuhmu bangun dan bersiap beraktivitas.

Di malam hari, kadar kortisol dalam tubuh akan menurun, sehingga kamu akan merasa lebih rileks dan fokus.

Kondisi ini dapat membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih tenang dan teliti.

Baca artikel lainnya : Ponsel Bikin Malas? Coba 9 Trik Jitu Ini Supaya Hidupmu Lebih Produktif

4. Memiliki Pola Tidur Fleksibel

Sebagai night owl, kamu mungkin memiliki pola tidur yang lebih fleksibel dibandingkan dengan orang yang terbiasa tidur di malam hari.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mengatur waktu tidur dan bangun sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga kamu dapat bekerja di jam-jam di mana kamu merasa paling produktif.

5. Kreativitas Meningkat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kreativitas seseorang dapat meningkat di malam hari.

Hal ini mungkin karena di malam hari, kamu lebih terhindar dari stres dan tekanan, sehingga kamu dapat berpikir dengan lebih bebas dan menghasilkan ide-ide kreatif.

person using laptop computers

Tips Bekerja Produktif di Malam Hari:

  • Tetapkan jadwal tidur yang konsisten: Meskipun kamu terbiasa begadang, penting untuk tetap memiliki jadwal tidur yang konsisten agar tubuhmu terbiasa dengan ritme sirkadiannya.
  • Buatlah ruang kerja yang nyaman: Pastikan ruang kerja kamu memiliki pencahayaan yang cukup dan bebas dari gangguan.
  • Istirahatlah secara teratur: Lakukan peregangan atau berjalan kaki singkat setiap 30-60 menit untuk membantu tubuhmu tetap segar dan fokus.
  • Hindari konsumsi kafein dan alkohol: Kafein dan alkohol dapat mengganggu kualitas tidurmu dan membuatmu sulit untuk fokus.
  • Dengarkan musik yang menenangkan: Musik yang menenangkan dapat membantu kamu untuk lebih rileks dan fokus saat bekerja.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok bekerja di malam hari. Jika kamu merasa lelah dan tidak fokus saat bekerja di malam hari, mungkin lebih baik untuk kamu bekerja di siang hari.

Yang terpenting adalah kamu menemukan waktu yang paling tepat untuk bekerja dan membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Dapatkan informasi produktif lainnya hanya diĀ lebihdariproduktif.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Mungkin anda suka

Artikel Lainnya